Pengertian kertas foto sendiri adalah nama yang diberikan untuk seluruh kertas yang di coating, biasanya kertas foto digunakan untuk mencetak foto, Sertifikat yang beresolusi tinggi dalam berbagai ukuran. Ukuran kertas foto bervariasi dari album foto 10x15cm, 13x18cm hingga ukuran tampilan foto A5 dan A4. A3 dan A2 besar juga tersedia untuk penggunaan komersial.

Tahun 2020 ini dunia fotografi masih sangat diminati baik untuk kalangan remaja bahkan hingga dewasa. Hal ini lah yang membuat dunia fotografi semakin menarik karena karyanya dapat di lihat secara digital bahkan secara langsung. Karya fotografi ini-lah yang harus diabadikan karena setiap foto yang di potret pasti memiliki makna / arti sendiri.

Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan untuk memilih kertas foto yang sesuai dengan kebutuhan anda

  1. GRAMATUR KERTAS FOTO

GSM (Gram per Meter Persegi) atau Tingkat kepadatan kertas foto sangat bervariasi. Semakin tinggi GSM, semakin tinggi pula kualitas kertasnya. Kualitas yang lebih tinggi mencerminkan hasil akhir dari proses cetak, campuran warna dan daya tahan jika disimpan dalam waktu tertentu seperti : tidak pudar dan tidak menjadi kuning saat setalah dicetak lama.

  1. MERK KERTAS FOTO

Banyak Fotografer sering tidak memperhatikan merek kertas foto yang digunakan pada printer mereka. Produsen mesin printing tidak menghasilkan kertas foto sendiri, ini adalah pekerjaan perusahaan eksternal yang berspesialisasi dalam teknologi coating kertas (bagian yang sulit dalam memproduksi kertas berkualitas tinggi). Tahukah anda kesalahan memilih kertas foto dapat berakibat pada buruknya hasil cetak, dan anda tidak bisa memaksimalkan kemampuan cetak printer Anda.

  1. PHOTO PAPER RECEIVING LAYER

Untuk melihat hasil cetak yang berkualitas tinggi, pada selembar kertas photo terdapat beberapa lapisan yang disebut “recieving layer”. Pastikan e-Famz memilih yang sesuai dengan kebutuhan kalian ya.

  • Cast Coated – Diproses menggunakan hot roller press sehingga menghasilkan kertas yang berkilau. Cast coated papers hanya tersedia untuk kertas Glossy. Dalam beberapa tahun terakhir, produsen kertas foto mulai menawarkan kertas foto berlapis cor berkualitas tinggi yang disebut sebagai super cast.
  • Micro Porous Atau Nano Porous Coated – Pelapisan ini memiliki pori-pori mikro atau pori-pori nano yang berbasis silika. Karena pori-porinya, ia dapat menampung semua jenis tinta; pewarna dan pigmen. Kertas berpori berpori biasanya cepat kering dan kedap air. Ini memberikan hasil warna yang lebih baik dengan yang lebih dalam, hitam lebih solid daripada kertas cast coated
  1. TEKNOLOGI COATING

Ada tiga jenis teknologi coating kertas  yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mengeprint e-Famz, yakni :

  • Glossy Finish

Glossy adalah yang paling banyak digunakan terlebih untuk mencetak fo. Ini termasuk tingkat tertinggi dari ketiganya dan dapat berasal dari lapisan mikro atau pori-pori mikro / nano.

  • Satin Finish –

e-Famz mungkin menemukan satin sebagai semi-gloss oleh beberapa manufaktur karena memiliki tingkat kemilau yang lebih rendah jika dibandingkan dengan “Glossy”. Dengan permukaan  non-reflektif sehingga lebih mudah untuk melihat dari sudut tertentu dan di belakang kaca. Tersedia dalam lapisan pori mikro / nano.

  • Pearl Finish

Jenis ini sering digunakan oleh fotografer profesional dan desainer grafis, termasuk sedikit lebih berkilau dibandingkan dengan satin. Kertas ini Ini menghasilkan  warna yang lebih cerah, tetapi masih memiliki refleksi yang lebih rendah dari kertas gloss. Tersedia dalam lapisan pori mikro / nano.

  • Matte Finish

Jenis Matte dianggap sebagai kertas dengan jenis finishing paling rendah karena penggunaan lapisan transparan dan tidak berkilau. Coating jenis Ini jarang digunakan untuk melapisi kertas profesional dan lebih sering digunakan untuk melapisi kertas ekonomis.

Nah, bagaimana e-Famz apakah masih bingung dengan berbagai jenis kertas foto yang ada di luar sana? Setelah baca artikel ini dijamin gak akan bingung lagi, dan yang terpenting ialah jangan lupa selalu menggunakan kertas foto merk E-Print karena, kertas foto e-Print sudah terjamin kualitas dan sudah menjadi kepercayaan dari seluruh fotografer yang ada di Indonesia.