Pilih Printer Inkjet atau Printer Laserjet? mana yang lebih baik?

Banyak diantara kita yang terkadang bingung menentukan jenis printer apa yang paling baik dan sesuai dengan kebutuhan. Inkjet Printer adalah printer yang menggunakan tinta cair yang disemprotkan menggunakan nozzle mikroskopik keatas permukaan kertas, dan Laserjet menggunakan Toner katrid (berisi serbuk toner) dan diproses menggunakan pemanasan.
Kedua jenis printer ini memiliki kelebihan dan kekurangan, membutuhkan penanganan berbeda dan masing-masing jenis printer ini diproduksi untuk kebutuhan cetak yang berbeda.
Sebelum memilih printer yang akan anda beli, tidak ada salahnya jika anda mempertimbangkan hal-hal berikut.

BIAYA AWAL
Saat ini sangat banyak dipasaran printer laserjet basic yang harganya tidak terpaut jauh dengan printer inkjet. Sangat penting sebelum membeli sebuah printer Anda pertimbangkan dahulu budget yang anda miliki termasuk budget untuk membeli katrid maupun isi ulangnya. Perlu anda ketahui isi tinta didalam starterpack printer biasanya tinta tidak berisi penuh, jadi pastikan pada saat anda membeli printer anda juga membeli cadangan supplies nya.

BIAYA SELANJUTNYA
Ketika Anda terus menggunakan printer baru Anda selama jangka waktu tertentu, Anda harus mempersiapkan beberapa kebutuhan penunjang print seperti kertas dan tinta atau toner. Biaya operasional printer yang biasa disebut Cost PerPage atau biaya cetak perlembar bisa dihitung menggunakan rumus “Harga TINTA atau TONER” dibagi “Jumlah hasil cetak” . Belum termasuk biaya pembelian kertas.

KECEPATAN DAN KUALITAS CETAK TEKS
Jika kebutuhannya hanya mencetak teks Hitam Putih saja, maka pilihan terbaiknya adalah anda memilih printer laserjet. Meski laserjet yang anda pilih adalah laserjet monochrome dengan harga termurah, kecepatan print yang akan anda dapat +/- 20 Lembar perMenit. Tentu saja kecepatan ini tidak akan anda dapatkan dari printer inkjet yang hanya mampu mencetak sekitar 6 lembar perMenit.
Untuk ukuran cetak normal (sekitar 12pt dan lebih besar) kualitas pencetakan teks serupa antara platform cetak laser dan inkjet. Namun, jika kebutuhan pencetakan Anda termasuk mencetak huruf kecil maka laser biasanya lebih unggul daripada printer inkjet, karena teknologi peleburan lebih baik cocok untuk kurva menit dan titik-titik teks kecil.

CETAK WARNA DAN KUALITAS CETAK WARNA
Jika Anda ingin mencetak warna, apakah itu foto berwarna satu halaman penuh atau hanya pie chart, akan lebih baik dengan printer inkjet. Printer laser warna sering kali Bulky dan biaya yang akan muncul cukup mahal. umumnya tidak cocok untuk digunakan di rumah atau kantor kecil.
Bahkan ketika membandingkan printer laser warna dengan inkjet warna, inkjet akan menghasilkan gambar warna yang lebih baik. Printer inkjet mampu mereproduksi gradasi warna halus dalam gambar di mana printer laser akan menampilkan garis (perubahan berbeda dalam saturasi warna).

UKURAN
Ukuran terkadang menjadi pertimbangan penting bagi sebagian pengguna. Jika Anda mencari sesuatu yang sesuai dengan ruang kecil di atas atau di bawah meja Anda, sulit untuk melewati printer inkjet. Namun, jika Anda tidak memerlukan Scan ataupun Copy laserjet single function mungkin cukup kecil untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Jika Anda memiliki budget lebih dan kebutuhan cetak hanya teks hitam saja maka printer laser adalah solusi yang terbaik.
Printer inkjet memang sangat cocok untuk pengguna rumahan & memiliki kemampuan cetak gambar lebih baik, akan tetapi kedepannya anda butuh merogoh kocek lebih dalam lagi untuk biaya operasional selanjutnya (harga suppliesnya lebih mahal) dan dengan print perpage lebih lambat tentunya. Pilihlah dengan hati-hati dan sesuaikan dengan kebutuhan anda !

Apapun pilihan anda, pastikan Tinta dan Toner e-Print sebagai sahabat printer anda. Karena hanya e-Print yang mampu memberi solusi cetak hemat kualitas hebat!