Hallo sahabat e-Famz,
Semoga semuanya dalam keadaan yang baik ya.

Kali ini mimin akan membahas bagaimana cara melakukan Test Print Manual pada printer tanpa menggunakan atau mengoperasikan komputer.

Test Print perlu dilakukan sebelum melakukan proses cetak untuk mengetahui kondisi head printer terkini dan hasil cetakannya. Proses test print juga sangat membantu dalam mengantisipasi kerusakan hasil cetak yang mengakibatkan banyaknya kertas yang terbuang karena hasil cetaknya jelek.

Sebetulnya Komputer yang berbasis Windows sudah menyediakan fitur untuk kita melakukan test print dengan mudah. Namun bagaimana jika kita ingin melakukan test print manual atau tanpa bantuan komputer? Di Bawah ini akan kami jelaskan cara test print manual dari beberapa tipe printer dan brand yang berbeda.

CANON

Canon IP 1700 / IP 1880/ IP 1980 : cara test print manual printer tipe ini yaitu nyalakan printer seperti biasa , sediakan kertas di tray kertas minimal 1 lembar , kemudian tekan tombol resume 5x.

Canon IP 2770 : Hidupkan printer seperti biasa, siapkan kertas di tray paper minimal 1 lembar, lalu tekan dan tahan tombol resume sampai lampu power warna hijau berkedip 2x kemudian lepaskan maka printer akan print manual.

Canon MP 258 / MP 287 : Hidupkan printer, siapkan kertas minimal 1 lembar. .lalu pencet tombol pengaturan ( sebelah atas tombol Black ) lihat di lcd printer akan menunjukan huruf A, kemudian tekan tombol Black / Color.

Canon MP 237 / MG 2570 : Hidupkan printer, siapkan kertas minimal 1 lembar, kemudian tekan dan tahan tombol resume sampai lampu alarm berkedip 1x kemudian lepaskan.

Canon G 2000 / G 3000 : Hidupkan printer, siapkan kertas minimal 1 lembar, kemudian tekan dan tahan tombol resume sampai lampu alarm berkedip 1x kemudian lepaskan.

Canon Laserjet LBP 6000 : Hidupkan printer , siapkan kertas di tray kertas minimal 1 lembar, lalu angkat dan tutup cover toner sebanyak 5x maka printer akan print test manual.

EPSON

Epson T11 / C90 / R230/T20/T13/L100/L110/L200/L300/L310/L Series lainnya : matikan printer , lalu tekan dan tahan tombol resume kemudian tekan tombol power 1x dengan tetap menekan tombol resume.  5 detik kemudian lepaskan tombol resume.

Epson LX 300/LX 300+/LX 300+ii/LX 310 : matikan printer , lalu tekan dan tahan tombol pause, kemudian nyalakan printer dengan tetap menekan tombol pause, tunggu selama 4 detik lalu lepaskan tombol pause.

Epson LQ 2180/LQ 2170/LQ 2190 : matikan printer , lalu tekan dan tahan tombol pause, kemudian nyalakan printer dengan tetap menekan tombol pause, tunggu selama 4 detik lalu lepaskan tombol pause.

HP

HP Laserjet 1010/1102 : Hidupkan printer , siapkan kertas di tray kertas minimal 1 lembar, lalu angkat dan tutup cover toner sebanyak 5x maka printer akan print test manual.

BROTHER

Printer Brother DCP J125W : hidupkan printer , tekan tombol menu lalu arahkan ke berbagai menu dengan menekan tombol arah. Kemudian cari menu maintenance lalu tekan tombol ok, setelah itu pilih menu cek noodle lalu tekan tombol ok.